Cara Mudah Mengatasi HP Android Lemot dan Panas

Komando1.info - Smartphone android merupakan salah satu handphone yang laris manis di pasar gadget. Beragam jenis, tipe, dan spesifikasi android yang mulai beredar, mengingat semakin banyak permintaan konsumen. Android merupakan vendor pengembang smartphone di era ini, bahkan juga menjadi salah satu platform smartphone yang semakin berkembang.

Penjelasan di atas telah dibuktikan dengan adanya tipe android yang memiliki kapasitas RAM melebihi RAM milik iPhone 1 GB. Karena kini, kita sering menjumpai sudah banyak android yang memiliki kapasitas RAM 4 GB bahkan lebih.

Hal ini mengingat bahwa android merupakan alat multifungsi yang mana bisa melakukan apa saja yang kita butuhkan. Dari cek email, browsing, fotografi, mendengarkan musik, hingga melakukan sesuatu yang mungkin di luar pemikiran kita. Namun, itu semua akan menjadi pengganggu bagi kita jika android lemot. Tentunya, hal ini sering terjadi ketika kita membuka aplikasi atau ketika memindahkan layar, kinerja android menjadi sangat lambat alias lemot. Apakah kita perlu mengganti handphone kita?

Dengan adanya permasalah tersebut, banyak orang yang mengeluhkan dan bertanya-tanya, bagaimana cara mengatasi hp lemot? Atau beberapa pertanyaan lain yang mana bisa mengembalikan kinerja hp android mereka.

Berapapun besarnya RAM yang dimiliki hp android, tetap saja jika ada titik masalahnya, hp android kita akan tetap lemot. Karena hp lemot bukan hanya dari kapasitas RAM yang kurang saja, melainkan ada banyak faktor yang mempengaruhinya.
Tentu, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hp lemot. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi hp lemot.

Menghapus Aplikasi

Memang, android sanggup memenuhi segala kebutuhan kita sebagai penggunanya. Namun, hal ini bisa menjadi bumerang bagi fungsi android itu sendiri. Gara-gara android adalah hp multifungsi sehingga bisa multitasking alias bekerja dalam waktu yang sama, bisa membuat android kita perlu mendownload banyak aplikasi. Padahal, kalau dipikir-pikir, aplikasi tersebut tidak terlalu penting buat kita karena kita tidak membutuhkan.

Banyaknya aplikasi adalah salah satu faktor hp jadi lemot. Karena data pada aplikasi bisa tersimpan di app drawer yang mana bisa menurunkan kinerja hp.  Selain itu, aplikasi dapat memakan tempat kapasitas RAM. Ya, tentu saja hal ini membuat hp kita lemot.

Jadi, cara terbaik untuk mengatasi hp lemot ya kita hapus atau uninstall aplikasi yang sudah tidak terpakai atau tidak dibutuhkan. Kalau sewaktu-waktu kita membutuhkan aplikasi tersebut lagi, kita tinggal download di Google Play Store lagi, selama masih gratis.

Menghapus Cache

Data cache merupakan data sementara dari suatu aplikasi saat berjalan. Sehingga, data cache akan terus bertambah selama aplikasi tersebut terus berjalan. Dan data cache ini akan masuk dan memenuhi ruangan internal dalam hp android. Inilah salah satu faktor yang membuat hp kita lemot. Bahkan, jika terlalu menumpuk bisa menyebabkan hp kita menjadi eror alias nge-hang.

Untuk itu, kita perlu rutin menghapus memori cache di dalam android kita. Hal ini bisa kita lakukan setiap hari atau setiap malam sebelum tidur. Biar esok paginya, hp kita jadi fresh dan enteng saat digunakan.
Kita bisa menghapus memori cache melalui pengaturan aplikasi dalam hp android kita. Atau jika lebih gampangnya, kita juga bisa membersihkan dengan menggunakan aplikasi android pembersih cache.

Cek Memori

Setiap ponsel android tentu memiliki kapasitas memori yang berbeda-beda, baik internal maupun eksternal. Nah, mengingat bahwa kelemotan hp android ini salah satu faktornya adalah kapasitas memori yang hampir penuh, maka kita perlu sering melakukan cek memori pada hp android kita. Jika dirasa memori hp kta sudah hampir penuh, sebaiknya kita atasi dengan menghapus beberapa data seperti gambar, video, atau aplikasi yang tidak terlalu penting buat kita.

Kinerja SD Card

Tidak semua android memiliki fasilitas slot SD Card. Dan ternyata, lemotnya hp android ini juga dipengaruhi dari kinerja SD Card yang kita gunakan. Jika kinerja SD Card kita tidak bekerja secara optimal, maka penyimpananya pun juga tidak maksimal dalam menyimpan data-data yang ada pada android kita.

Untuk itu, kita perlu melakukan cek ulang ketika membeli SD Card HP. Pastikan, SD Card yang kita beli adalah SD Card asli dan tidak rusak. Atau kita bisa melakukan format pada SD Card kita. Karena bisa jadi SD Card kita terkena virus sehingga perlu dibersihkan. Namun, sebelum melakukan format pada SD Card, pastika melakukan backup data terlebih dahulu.
Disarankan untuk melakukan format SD Card menggunakan laptop agar dapat membersihkan secara optimal dan dapat dikupas tuntas.

Nah, bagaimana? Apa sekarang hp kamu sudah nggak lemot? Kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi hp lemot di atas di rumah ya.

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi HP Android Lemot dan Panas"

Post a Comment