Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang fungsinya untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Fungsi ini untuk melakukan proses komunikasi melalui jaringan komputer dengan mengakses data informasi. Tujuan utama dari jaringan komputer ini adalah untuk berkomunikasi seperti instant messaging, email, atau chatting.
Kali ini kita akan membahas seputa beberapa macam jaringan komputer beserta fungsi-fungsinya yang bisa Anda ketahui.

LAN

LAN adalah kepanjangan dari Local Area Networking merupakan jaringan komputer yang hanya mecakup wilayah lokal atau jaringan terdekat. Jaringan ini bisa digunakan jika dihubungkan dengan Switch, Hub, Router, UTP, dan perangkat lainnya yang bisa digunakan dalam waktu yang sama.
LAN ditemukan pada tahun 1984 yang diawali dengan IBM saat memperkenalkan PC Network Program dan Microsoft yang mengeluarkan produk barunya yaitu Msnet. Kemudian dilanjutkan oleh Novel Inc dengan mengembangkan sofword jaringan LAN menjadi basis ms.DOS. seiring berjalannya waktu, mulai muncul perkembangan dan perubahan-perubahan lain seperti munculnya ms.net dan melakukan produksi produk sendiri. Sejak tahun 1985, kehebatan Operating System jaringan mulai meningkat dengan adanya LAN hardware yang sejalan dengan file server. Dan pada tahun 1987, kalangan industri mulai memandang LAN yang masuk. Hingga pada tahun 1988 dikenal sebagai tahun LAN.

Umumnya, LAN digunakan pada komputer-komputer kantor, laboratorium, warnet, sekolah, dan lain sebagainya. Fungsinya adalah intansi atau kantor yang menggunakan jaringan komputer ini bisa lebih hemat biaya. Selain itu, LAN juga memiliki kelebihan pada saat melakukan transfer data bisa lebih cepat. Hal ini dikarenakan LAN hanya mencakup satu wilayah saja alias wilayah lokal.
Tanpa menggunakan operator atau server, LAN sudah bisa dijalankan. Namun, kelemahan dari LAN ini adalah cakupan wilayahnya yang terlalu sempit alias tidak sampai ke luar jaringan. Jadi, hal ini hanya bisa dilakukan hanya untuk internal saja.

MAN

MAN adalah kepanjangan dari Metropolitan Area Network. Sama halnya dengan LAN, bahwa MAN ini memiliki jaringan yang sempit, namun lebih luas dibandingkan dengan LAN. Umumnya, MAN ini digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainnya. Seperti namanya, metropolitan, sehingga menyangkut kota.
Kelebihan dari MAN ini adalah cakupannya yang lebih luas dari LAN. Sehingga komunikasi data atau proses transfer data bisa dilakukan seefisien mungkin dalam berkomunikasi. Sehingga, para pebisnis pun bisa memanfaatkan MAN untuk melakukan komunikasi dengan menggunakan jaringan Metropolitan Area Network. Selain mudah, MAN adalah jaringan yang aman digunakan.
Namun, kekurangan dari MAN ini adalah biaya operasionalnya yang lebih mahal dibandingkan dengan LAN. Selain itu, jika jaringan Metropolitan Area Network ini rusak, maka perbaikannya membutuhkan waktu yang relatif lama.

WAN

WAN adalah kepanjangan dari Wide Area Network. Jaringan ini menghubungkan suatu jaringan dari negara ke negara lain. Bahkan jaringan ini bisa dilakukan antar benua. Sehingga cakupan jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan MAN. Komunikasi dan transfer data pun bisa dilakukan dengan lebih leluasa karena tanpa batasan wilayan.
Namun, kekurangan dari WAN ini, tentunya biaya yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan biaya operasional jaringan MAN. Dan resiko pada data lebih cenderung tidak aman alias mudah dicuri oleh pengguna yang tak bertanggung jawab.

Internet

Internet merupakan jaringan yang paling dari segala jaringan komputer lainnya. Karena, internet merupakan jaringan yang dapat terhubung hingga seluruh dunia dengan menggunakan satelit sebagai penghubung data yang ditransfer untuk berkomunikasi sesama pengguna. Tanpa adanya internet, mungkin Anda tidak bisa membaca artikel ini.
Tentunya, kelebihan dari internet ini adalah lebih mudahnya berkomunikasi yang leluasa dan efektif. Tak hanya pada komunikasi saja, dari segi ilmu pengetahuan pun juga bisa dimanfaatkan. Dengan adanya artikel ini, Anda bisa jadi mengetahui berbagai pengetahuan yang ada di internet, salah satunya informasi tentang komputer yang sedang anda baca sekarang ini.
Anda bisa mendapatkan segala informasi dan pengetahuan melalui internet. Cukup mengetikan apa yang ingin Anda cari di search engine seperti google, maka Anda sudah menemukan jawabannya. Walaupun Anda masih ada hal yang kurang dalam informasi tersebut, Anda bisa menggali informasi lain di situs lain.

Namun, di mana ada kelebihan, ada juga kekurangannya. Kelemahan dari internet ini adalah mulai maraknya kejahatan di dunia maya alias cyber crime. Hal ini sangatlah merugikan kita. Seperti pencurian data, penipuan, jual beli palsu, smeua mulai mudah dilakukan.
Maka dari itu, mulai banyak pula situs yang menyediakan rekening bersama atau rekber untuk melakukan transaksi agar lebih aman. Tak hanya itu, di Indonesia mulai dimunculkannya peraturan baru yaitu Undang-Undang ITE yang mana merupakan kebijakan yang berlaku dalam dunia internet atau dunia maya.

Itulah pengetahuan tentang jenis-jenis jaringan komputer yang perlu Anda ketahui. Semoga kita bisa memanfaatkan jaringan komputer yang ada untuk berkomunikasi yang baik-baik dan positif

0 Response to "Jenis-Jenis Jaringan Komputer"

Post a Comment